All About "bedak" - Forum.Tabloidnova.com

Go Back   Forum.Tabloidnova.com > Teknologi Informasi, Ilmu Pengetahuan

Notices

Reply
Thread Tools Display Modes
Unread 4th February 2009, 03:22 PM   #1
aulia ainin
Senior Member
 
aulia ainin's Avatar
 
User ID: 426
Join Date: Aug 2008
Location: kelapadua,depok
Posts: 202
Thanks: 0
Thanked 3 Times in 2 Posts
aulia ainin is on a distinguished road
Send a message via Yahoo to aulia ainin
Default All About "bedak"

Bedak

Bedak ialah bubuk higroskopis yang sangat halus yang berguna khususnya untuk mengurangi gesekan pada kulit. Penggunaannya terutama di tujukan di bidang kosmetika dan higiene perorangan. Karena sifatnya yang higroskopis, maka bedak dapat menyerap. Se¬bagian hasil sekresi tubuh dan mengeringkan kulit. Selain itu, bedak bersifat sebagai penutup, pelindung, dan pendingin. Oleh karena itu bedak cocok untuk digunakan di daerah intertriginosa yang relatif lebih lembab dibanding dengan kulit bagian tubuh lainnya, dan cenderung lebih mudah mengalami maserasi serta iritasi akibat gesekan antara 2 permukaan kulit.

Berbagai bahan aktif dapat ditambahkan pada bedak misalnya anti¬mikroba, antimikotik, antipruritik, dan dikenal sebagai medicated talc. Hanya saja perlu diingat bahwa efek bedak sangat superfisial sehingga hampir tidak mempunyai daya penetrasi. Selain itu, bahan-bahan tambahan ini dapat saja menimbulkan sensitasi bagi orang yang peka.

Terdapat beberapa jenis bedak, yakni antara lain:

a. Bedak mineral/anorganik.

Umumnya mengandung talcum venetian (biasa disebut sebagai talcum saja), zinc oxide, magnesium oksid, titanium dioksid, dan sebagainya.

Talcum merupakan magnesium polisiikat murni dan dianggap sebagai bahan kimiawi yang inert, sangat ringan, yang mempunyai daya slip cukup besar dan daya lekat. Selain itu, dapat menyerap cairan sehingga bersifat mendinginkan. Untuk keamanan pemakai, talcum dibuat dengan ukuran partikel yang sangat halus.

Oxydum zincicwn merupakan bubuk halus berwama putih yang bersifat hidrofob, dan tidak menyebabkan hipersensitasi. Efek utanianya ialah daya penutup dan daya pendingin. Jika lama berkontak dengan udara dapat terjadi gumpalan-gumpalan karena pembentukan carhonas zincicum yang dapat merangsang kulit.

b. Bedak ‘Tumbuhan’/organik
Bahan utamanya ialah starch yakni granul polisakarida (yang berasal dari jagung, beras, dan wheat) serta zeasorb. yang me¬ngandung metil selulose. Dulu diduga penggunaan starch akan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Ternyata hal ini tidak terbukti dan beberapa penelitian terbaru yang dilakukan. Kelebihannya ialah kemampuan absorbsi yang lebih besar di-banding talcum.

Saat ini, berbagai merek bedak bayi tersedia di pasaran, umumnya dengan bahan utama talcum ataupun cornstarch. Sebagian besar dalam bentuk sediaan bedak tabur. Ada pula yang berbentuk bedak kocok (shake lotion), yang umumnya merupakan sediaan dengan tambahan bahan aktif. Bedak kocok terdiri atas campuran air dan bedak, dengan tambahan gliserin sebagai bahan perekat. Supaya bentuk bedak ini tidak terlalu kental dan tidak cepat menjadi kering, maka jumlah zat padatnya maksimal 40% dan jumlah gliserinnya antara 10-15%. Bila pada sediaan ini ditambahkan bahan-bahan aktif, maka persentase tersebut tidak boleh terlampaui. Bedak kocok yang mengandung alkohol mempunyai efek mendinginkan, antiseptik ringan, dan astringen. Tetapi, pada pemakaiannya, apalagi bila berlebihan, sering timbul rasa menyengat, atau bahkan iritasi. Contoh medicated talc yang banyak djumpai misalnya yang mengandung camphor, mentol, dan balsam peru (bedak Herocyn., Purol.), yang mengandung calamine (bedak Caladine., Calamed.), atau yang mengandung minyak jojoba (bedak Pigeon). Calamine merupakan zinc carbonat (BP) ataupun zinc oxide (USP) yang diwarnai dengan sedikit ferric oxide. Bahan ini berefek sedikit menyejukkan dan antigatal.

Bedak bayi berbeda dengan bedak untuk orang dewasa yang umumnya dipakai sebagai kosmetika dekoratif. Oleh karena itu, pada bedak orang dewasa biasanya ditambahkan pewarna dan pewangi, serta sering dijumpai dalam bentuk padat.

Sampai kini masih terdapat kontroversi perihal penggunaan talcum di kalangan kedokteran. Hal ini disebabkan ketakutan akan kemungkinan adanya hubungan antara timbulnya kanker ovarium dengan pajanan ‘bedak’ di daerah perianal. Selain itu juga akan kemungkinan ter¬jadinya inflamasi dan proliferasi sel paru yang dapat memicu timbulnya kanker paru akibat inhalasi talcum, seperti hasil studi yang dilakkan oleh National Toxicology Program (NTP) terhadap rodent. Tetapi para ahli sepakat bahwa hasil penelitian NTP tersebut tidak akan diambil sebagai patokan. Hal ini karena patogensis kanker sendiri masih belum diketahui dengan pasti dan penyebab kanker dianggap multifaktorial. Selain itu penelitian dilaksanakan terhadap rodent menggunakan talcum dengan ukuran partikel dan dosis uji yang besar, yang tidak lazim digunakan sehari-hari.

Walaupun demikian sebagai dokter kita tetap harus mengingatkan para orang tua, cara penggunaan bedak yang benar bagi bayi dan anak mereka. Bedak diletakan pada telapak tangan, diusapkan tipis dan merata pada daerah lipatan kulit yang telah kering dan bebas dari sisa-sisa bedak bekas pengolesan sebelumnya. Sebagai bahan perbandingan , sampaikan pada orang tua agar jangan membedaki anaknya seperti saat ibu sedang melumuri kue donatnya dengan tepung gula.

Selain itu, jangan jadikan bedak sebagai pengganti cara pembersih kulit bayi dan sisa-sisa ompolnya. Serta jauhkan bedak dari jangkauan anak, sehingga tidak dijadikan sêbagai mainan atau terhirup tanpa sengaja.

Penting pula diingatkan bahwa bedak tidak boleh digunakan pada kulit yang terluka karena dapat menimbulkan reaksi granuloma
__________________
www.myliabutik.com
www.jenglie.co.cc
www.dbc-room.co.cc
aulia ainin is offline   Reply With Quote
Unread 5th February 2009, 03:52 PM   #2
kriuk
Senior Member
 
User ID: 11
Join Date: Jun 2008
Location: depok
Posts: 123
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
kriuk is on a distinguished road
Default

reaksi granuloma itu seperti apa ya, mbak?
__________________
www.tabloidnova.com
kriuk is offline   Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:49 AM.

 

Powered by vBulletin® Version 3.7.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Copyright Tabloid Nova