Kamus Dagang Bahasa Cina Sehari - hari - Forum.Tabloidnova.com

Go Back   Forum.Tabloidnova.com > Humor, Lelucon

Notices

Reply
Thread Tools Display Modes
Unread 12th January 2009, 02:48 PM   #1
wannaluvecho
Senior Member
 
wannaluvecho's Avatar
 
User ID: 845
Join Date: Oct 2008
Location: Bintaro Jakarta
Posts: 1,242
Thanks: 0
Thanked 9 Times in 8 Posts
wannaluvecho is on a distinguished road
Wink Kamus Dagang Bahasa Cina Sehari - hari

Kata-kata berikut ini sering digunakan pada kegiatan transaksi perdagangan sehari-hari di kota Jakarta dan sekitarnya. Bagi yang anda belum tahu Ada baiknya anda mengetahui kata-kata di bawah in karena mungkin suatu saat akan berguna.

- jigoh sama dengan dua puluh lima rupiah

- gocap sama dengan lima puluh rupiah

- cepek sama dengan seratus rupiah

- nopek sama dengan dua ratus rupiah

- gopek sama dengan lima ratus rupiah

- seceng sama dengan seribu rupiah

- noceng sama dengan dua ribu rupiah

- goceng sama dengan lima ribu rupiah

- ceban sama dengan sepuluh ribu rupiah

- noban sama dengan dua puluh ribu rupiah

- goban sama dengan lima puluh ribu rupiah

- cepekceng sama dengan seratus ribu rupiah

- nopekceng sama dengan dua ratus ribu rupiah

- gopekceng sama dengan lima ratus ribu rupiah

Bila ada yang salah atau ingin menambahkan silahkan diposting di forum agar bisa dikoreksi kembali bersama-sama.
__________________
disini senang disana senang......dimana-mana hatiku senang
wannaluvecho is offline   Reply With Quote
Unread 12th January 2009, 04:31 PM   #2
ndul'smom
Senior Member
 
ndul'smom's Avatar
 
User ID: 238
Join Date: Jul 2008
Location: on earth
Posts: 316
Thanks: 0
Thanked 2 Times in 2 Posts
ndul'smom is on a distinguished road
Default

hi jeung Wanna, mo nambahin dikit aja ya..

yang ditulis jeung Wanna, itu dari bhs Hokkien ..mungkin krn byk pdg di kota JKT yg turunan Hokkien jadi itu yg sering kita dengar. Tapi mungkin ada yang pernah dengar berbeda itu wajar saja karena bahasa dialek di cina sendiri buanyak banget.... untuk penulisan sih umumnya dibedakan jadi 2 ( tradisional atau simplified) cuman cara bacanya yg beda. (kecuali bbrp daerah tertentu ada yg masih menggunakan jenis tulisan yang juga beda dgn tulisan cina pada umumnya, ah ini bahasannya lain deh ya.. )
anyway, kalo bhs hokkien itu, (saya coba tulis disesuaikan dengan pelafalan sesuai bhs Indonesia)

go = 5
pek = ratusan
ceng = ribuan
ban = puluhan ribu
tio = jutaan

kalo mau pake isyarat tangan, sebenarnya isyarat tangan di Cina sedikit itu berbeda dengan isyarat tangan di indo / pada umumnya
1- 5 = sama dengan di indo
6= tangan dikepal, jempol dan kelingking teracung.
7 = tangan dikepal, ujung telunjuk dan jempol menyatu
8 = tangan dikepal, jempol dan telunjuk teracung.
9 = tangan dikepal, telunjuk dan jempol membentuk huruf c terbalik (lah kan pake tangan kanan jadinya terbalik kan heheheh)
10 = kedua tangan dikepalkan, hanya telunjuk kanan dan telunjuk kiri ditumpangkan satu sama lain. atau kalo hanya menggunakan satu tanagn (lah biasanya kan tangan satunya pegang kresek belanjaan ) tanagn dikepal, telunjuk dan jari tengah ditumpangkan.


eh ada lagi yang unik nih, kalo F word itu sering diwakilkan dengan telunjuk kanan diacungkan , kalo di cina, memaki orang dgn isyarat tangan itu menggunakan jari kelingking diacungkan , maksudnya kurang lebih, saya tidak melihat kamu atau kamu tuh ga ada artinya, mungkin menyepelekan gitu.

sorry kalo banyakkan ngelantur
ndul'smom is offline   Reply With Quote
Unread 13th January 2009, 10:15 PM   #3
Helen
Member
 
User ID: 2332
Join Date: Dec 2008
Posts: 48
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
Helen is on a distinguished road
Default Kamus Dagang Bahasa Cina sehari2

ini bukan bahasa mandarin tetapi bahasa Hokkian, banyak orang mengatakan bahwa itu bahasa mandarin, padahal bukan. ada macam2 bahasa seperti bahasa mandarin, bahasa Hokkian, Bahasa Tiaw cu, bahasa Kong hu, bahasa khek ( hakka), bahasa Hainam.. banyak lagi...

tetapi yang di indo yang gak asing lagi tu bahasa Hokkian, mandarin , Khek (hakka), tiaucu..

biasanya untuk org keturunan tionghua di pontianak menguasai bahasa tiau cu dan bahasa khek.. di pontianak sendiri bahasa tiau cu lbh dominan dibanding bahasa khek.. nah bahasa khek tu di singkawang ( terkenal dengan amoy singkawang yg byk menikah sm org taiwan)

saya gak bisa semua kecuali bahas indonesia heheheh
Helen is offline   Reply With Quote
Unread 15th January 2009, 01:15 PM   #4
ernaztari17
Senior Member
 
ernaztari17's Avatar
 
User ID: 153
Join Date: Jul 2008
Location: tangerang
Posts: 3,082
Thanks: 75
Thanked 71 Times in 66 Posts
ernaztari17 is on a distinguished road
Default

ga tau ahhh...gw kaga ngarti.. pribumi asli...tapi asli wong jowo..temennya LETTO
__________________
"sesuatu terjadi Indah pada waktunya"
ernaztari17 is offline   Reply With Quote
Unread 16th January 2009, 07:23 PM   #5
rini.astuti
Senior Member
 
rini.astuti's Avatar
 
User ID: 564
Join Date: Sep 2008
Location: serang baru
Posts: 1,088
Thanks: 17
Thanked 13 Times in 11 Posts
rini.astuti is on a distinguished road
Default

Jadi inget cerita orang Sumatra yang ke Jakarta

Ceritanya begini......
Ada orang Sumatra datang ke Jakarta. Terus dia pergi ke Tanah Abang untuk berbelanja. Dia menawar baju ke toko Cina.
"Koh, berapa nih harganya?"
Jawab si Ngkoh,"Ceban"
Karena malu tuk bertanya 'ceban' itu berapa, orang itu berkata,''ting tung deh"
Ngkoh,"Ting tung belapa?"
"Ya ceban berapa?"
"kalau ceban sepuluh libu",kata ngkoh
"Ya ting tung 7500", kata orang itu tak mau kalah.
rini.astuti is offline   Reply With Quote
Unread 17th January 2009, 08:56 AM   #6
wannaluvecho
Senior Member
 
wannaluvecho's Avatar
 
User ID: 845
Join Date: Oct 2008
Location: Bintaro Jakarta
Posts: 1,242
Thanks: 0
Thanked 9 Times in 8 Posts
wannaluvecho is on a distinguished road
Default

Quote:
Originally Posted by rini.astuti View Post
Jadi inget cerita orang Sumatra yang ke Jakarta

Ceritanya begini......
Ada orang Sumatra datang ke Jakarta. Terus dia pergi ke Tanah Abang untuk berbelanja. Dia menawar baju ke toko Cina.
"Koh, berapa nih harganya?"
Jawab si Ngkoh,"Ceban"
Karena malu tuk bertanya 'ceban' itu berapa, orang itu berkata,''ting tung deh"
Ngkoh,"Ting tung belapa?"
"Ya ceban berapa?"
"kalau ceban sepuluh libu",kata ngkoh
"Ya ting tung 7500", kata orang itu tak mau kalah.
ha...ha......dubrakkkkk.....jeung runi lucu bgt dech.....
__________________
disini senang disana senang......dimana-mana hatiku senang
wannaluvecho is offline   Reply With Quote
Unread 23rd January 2009, 01:32 PM   #7
ernaztari17
Senior Member
 
ernaztari17's Avatar
 
User ID: 153
Join Date: Jul 2008
Location: tangerang
Posts: 3,082
Thanks: 75
Thanked 71 Times in 66 Posts
ernaztari17 is on a distinguished road
Default

wakakakak...gedubrak guling2!! kayanya tuch orang sumatra kaga mau keliatan bego di depan engkohnya
tapi koq malah engkohnya yang dikerjain ya!!!
__________________
"sesuatu terjadi Indah pada waktunya"
ernaztari17 is offline   Reply With Quote
Unread 24th January 2009, 04:19 PM   #8
iway
Senior Member
 
User ID: 2315
Join Date: Dec 2008
Posts: 715
Thanks: 1
Thanked 6 Times in 6 Posts
iway is on a distinguished road
Default

Quote:
Originally Posted by rini.astuti View Post
Jadi inget cerita orang Sumatra yang ke Jakarta

Ceritanya begini......
Ada orang Sumatra datang ke Jakarta. Terus dia pergi ke Tanah Abang untuk berbelanja. Dia menawar baju ke toko Cina.
"Koh, berapa nih harganya?"
Jawab si Ngkoh,"Ceban"
Karena malu tuk bertanya 'ceban' itu berapa, orang itu berkata,''ting tung deh"
Ngkoh,"Ting tung belapa?"
"Ya ceban berapa?"
"kalau ceban sepuluh libu",kata ngkoh
"Ya ting tung 7500", kata orang itu tak mau kalah.
wah pengalaman pribadi yach......hehe..........he
iway is offline   Reply With Quote
Unread 24th January 2009, 10:05 PM   #9
rini.astuti
Senior Member
 
rini.astuti's Avatar
 
User ID: 564
Join Date: Sep 2008
Location: serang baru
Posts: 1,088
Thanks: 17
Thanked 13 Times in 11 Posts
rini.astuti is on a distinguished road
Default

Quote:
Originally Posted by iway View Post
wah pengalaman pribadi yach......hehe..........he
Ahhhh Jeung Iway bisa aja deh
rini.astuti is offline   Reply With Quote
Unread 24th January 2009, 10:07 PM   #10
rini.astuti
Senior Member
 
rini.astuti's Avatar
 
User ID: 564
Join Date: Sep 2008
Location: serang baru
Posts: 1,088
Thanks: 17
Thanked 13 Times in 11 Posts
rini.astuti is on a distinguished road
Default

Quote:
Originally Posted by wannaluvecho View Post
ha...ha......dubrakkkkk.....jeung runi lucu bgt dech.....
Kenapa Jeung Wanna? Jatoh ya...
rini.astuti is offline   Reply With Quote
Reply

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:11 PM.

 

Powered by vBulletin® Version 3.7.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.
Copyright Tabloid Nova